Tesis: Analisis implementasi Program Percepatan Pendidikan Perawat Melalui Mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Di Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Budiono, Puspa Indah (2018) Tesis: Analisis implementasi Program Percepatan Pendidikan Perawat Melalui Mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Di Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Masters thesis, Badan PPSDM Kesehatan.

[img] Text
Tesis-Puspa Indah Budiono-1606856933.pdf

Download (2MB)
[img] Image
WhatsApp Image 2020-05-04 at 10.42.09.jpeg

Download (173kB)

Abstract

Kualifikasi minimum pendidikan bagi tenaga kesehatan adalah Diploma III berdasarkan Undang-undang Nomor 36 tahun 2014, namun Badan Kepegawaian Negara (2015) menyatakan bahwa masih terdapat 38.944 orang perawat yang belum memiliki kualifikasi pendidikan Diploma III. Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan tenaga kesehatan melalui Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan melalui Mekanisme RPL. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan analisis implementasi Program di Poltekkes Jakarta III mulai dari input, proses hingga output. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik program RPL di Poltekkes Kemenkes Jakarta III telah berusia di atas 50 tahun, dan berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta; hanya sebagian kecil peserta didik yang mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari institusi tempatnya bekerja; proses asesmen mengalami kendala teknis dalam kuantifikasi hasil asesmen. Masukan untuk Poltekkes Kemenkes Jakarta III berdasarkan hasil penelitian ini adalah sosialisasi kepada calon peserta terkait program RPL yang dilakukan melalui website; membentuk kelompok belajar untuk meningkatkan motivasi belajar para peserta didik yang sebagian besar usianya sudah lebih tua; menggunakan tutor sebaya dengan memberdayakan peserta didik yang memiliki kemampuan atau pengalaman dalam mengatasi gap atau kesenjangan pengetahuan dan pengalaman berdasarkan pekerjaan sehari-hari. Masukan bagi Kementerian Kesehatan adalah membuat pedoman kuantifikasi yang dapat dijadikan acuan oleh PT penyelenggara dalam melakukan asesmen dan kuantifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Admin A BPPSDMK
Date Deposited: 04 May 2020 03:53
Last Modified: 18 Mar 2022 04:06
URI: https://repositori-ditjen-nakes.kemkes.go.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item